Indosat: Kolaborasi Tiga Operator Terbesar di Dunia

DERING.CO.ID: Sobat Dering, Tiga operator terbesar di Indonesia (Telkomsel, XL dan Indosat) saling bekerja sama untuk menghadirkan Layanan E-money Interoperability (P2P Transfer) atau Layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator. Kerjasama ini dimaksudkan untuk pengembangan serta perluasan jaringan layanan uang elektronik di Indonesia.

Layanan ini diluncurkan oleh Direktur Utama tiga operator, yaitu Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi dan Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, yang  disaksikan oleh Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro.

Dengan adanya layanan pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat), begitupun sebaliknya.

kerjasama-operator-terbesar-di-Indonesia

Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia, menyatakan, “Ke depan, diharapkan semakin banyak operator selular dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga inovasi tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara luas dan tidak saja memberi nilai tambah (value added) bagi kemajuan industri sistem pembayaran dan perbankan, namun mendukung perekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia”.

Pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel dan secara tidak langsung juga akan meningkatkan “customer experience” dan loyalitas pelanggan, terutama di era digital sekarang ini.

Presiden Direktur/CEO Indosat, Alexander Rusli menambahkan, “Penetrasi layanan selular dan kemajuan teknologi telekomunikasi memungkinkan terciptanya layanan digital payment ini. Tentunya layanan ini mendukung Pemerintah dalam memperluas program less cash society. Diharapkan kedepannya hal ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan karena kemudahan transaksi keuangan secara elektronik yang dapat dinikmati masyarakat secara lebih luas“.(**)

 

Bookmark and Share